BERITA POLRES NIASBERITA POLSEK JAJARAN

POLRES NIAS LAKSANAKAN APEL GELAR PASUKAN OPERASI MANTAP PRAJA TOBA 2024 DI 3 KABUPATEN DAN 1 KOTA

Gunungsitoli, (19/08/2024) Dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) tahun 2024 di Wilayah Hukum Polres Nias, Polres Nias Melaksanakan Apel Gelar Pasukan  Pengamanan Pilkada tahun dengan Sandi Operasi Mantap Praja Toba 2024, Pelaksanaan Apel Gelar  Pasukan di Lakasanakan di Masing-masing Kabupaten/Kota yang ada di Wilayah Hukum Polres Nias, Untuk Kota Gunungsitoli, Apel di Laksanakan di Halaman Apel Mapolres  Nias, dengan  Pimpinan adalah Wakapolres Nias Kompol SK. Harefa, S.Pd,MH, Komandan Apel  Ipda Sinema Harefa dan Perwira Apel adalah Iptu Narson Waruwu, Apel Gelar Pasukan di Hadiri Walikota Gunungsitoli Sowa`a Laoli, serta Para OPD Pemko Gunungsitoli, Mewakili Kajari,  Perwakilan KPU, Bawaslu, serta Danki Brimob Batalyon C Kompi 4  AKP Budi.

Pada Pelaksanaan Apel Gelar Pasukan di Kabupaten Nias, Bertindak sebagai Pimpinan  adalah Kasat Pol Airud Polres Nias AKP Alfaret Lase, Perwira Apel  Kapolsek Hiliduho AKP Sonifati Zalukhu,  Komandan Apel Ipda Ovaroni Zendrato, Upara Tersebut di Hadiri Oleh Sekda Kab. Nias Samson Zai, serta para Kepala OPD.

Untuk Kabupaten Nias Utara, Bertindak sebagai Pimpinan Apel adalah Kapolsek Alasa AKP Ichsan, Perwira Apel  Kapolsek Tuhemberua AKP Ariyunus Zai,  dan Komandan Apel  Ipda Jasmar Zebua, Apel di Hadiri Oleh Wakil Bupati Nias Utara, Yusman Zega beserta Para Kepala OPS, Kabag SDM Polres Nias Kompol Dodi Nainggolan. Peserta Apel  terdiri dari Personil Brimob Batalyon C Kompi 4, Personil Polres Nias, Personil Dishub Kab. Nias Utara Personil Sapol PP Kab. Nias Utara, BPBD serta dari Dinas Kesehatan.

Sedangkan untuk Kabupaten Nias  Barat Bertindak Sebagai Pimpinan Apel  adalah Kabag Ren Polres Nias AKP IB. Jaya Harefa, Perwira Apel Kapolsek Sirombu Iptu Ferianus Zebua dan Komandan Apel  adalah Kapolsek Mandrehe Iptu Yafao Lase, Apel  di Hadiri Oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu, Para Kepala OPD, Dari KPU dan Bawaslu Kab. Nias Barat.

Para Pimpinan Apel Membacakan Amanat  Kapolres Nias AKBP Revi Nurvelani, SH, S.IK,MH antara lain: Apel Gelar Pasukan Ini Dilaksanakan Untuk Mengetahui Sejauh Mana Tingkat Kesiapan Aparatur Pemerintah Dan Jajaran Pengamanan Baik Dari Unsur Polri, TNI, Satpol PPMaupun Perkuatan Lainnya Serta Kelengkapan Sarana Dan Prasarana Yang Diperlukan Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Pengamanan Pilkada, Adapun Kekuatan Personil Yang Dilibatkan Dalam Tugas Pengamanan Pilkada Tahun 2024 Berjumlah 3.117 Personil Yang Merupakan Gabungan Personil Pengamanan Baik Polri, TNI, Maupun Instansi Terkait Lainnya Yang Akan Melaksanakan Kegiatan Pengamanan Pada 1.075 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Yang Tersebar Diseluruh Wilayah Hukum Polres Nias Dengan Jumlah Pemilih Sesuai Daftar Pemilih Sementara  (DPS) ada 356.421 Orang, Apabila Kita Cermati Perkembangan Situasi Saat Ini Dan Pelaksanaan Pilkada Di Wilayah Lainnya, Maka Kitapun Dihadapkan Pada Berbagai Potensi Kerawanan Dalam Pelaksanaan Pilkada Dengan Adanya Berbagai Latar Belakang, Baik Dari Segi Aspirasi, Politik, Etnis, Agama, Marga / Kekerabatan Dan Kepentingan Lainnya.

Oleh Karena Itu, Kami Menghimbau Dan Mengajak Untuk Bersama – Sama Mencermati Potensi Kerawanan Pada Setiap Tahapan Pilkada, Terutama Pada Tahap Inti Yang Diawali Kegiatan Kampanye Mulai Tanggal 25 September Sampai Dengan Tanggal 23 Oktober 2024, Masa Tenang Dan Puncaknya Kegiatan Pemungutan Suara Hari Rabu Tanggal 27 November 2024, Dilanjutkan Penghitungan Suara Tingkat PPK Sampai Dengan Tingkat KPUD tanggal 28 November S/D Tanggal 16 Desember 2024, Hingga Penetapan Dan Pengumuman Hasil Pilkada Tahun 2024.

Selama Proses Tahapan Pilkada, Diprediksi Akan Muncul Dan Berkembang Berbagai Issue – Issue Negatif Yang Bersifat Provokatif, Money Politik Dan Sebagainya, Termasuk Gangguan Keamanan Terhadap Logistik Pilkada, Maka Perlu Saya Sampaikan Beberapa Penekanan Sebagai Berikut:

  1. Pahami, Kuasai Dan Kerjakan Dengan Sungguh – Sungguh Sesuai Prosedur Apa Yang Menjadi Tugasnya Dalam Pengamanan Pilkada Tahun 2024.
  2. Galang Dan Bina Seluruh Potensi Masyarakat, Agar Mau Memberikan Informasi Tentang Hal – Hal Yang Berkaitan Dengan Gangguan Kamtibmas Dan Turut Aktif Berpartisipasi Menciptakan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif.
  3. Siapkan Fisik Dan Mental Yang Prima Serta Jaga Kekompakan Antara Sesama Unsur Pengamanan Termasuk Dengan Penyelenggara Pilkada.
  4. Bertindak Jujur, Adil Dan Netral Dalam Bertugas.
  5. Selain Bekerja Keras Dalam Melaksanakan Tugas, Jangan Lupa Berdoa Untuk Keamanan Wilayah Hukum Polres Nias, Dalam Pelaksanaan Pilkada Tahun 2024.” Ujar Kapolres Nias AKBP Revi Nurvelani, SH, S.IK,MH yang di Bacakan oleh Masing-Masing Ispektur Upacara. (Humas Polres Nias)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button